Belajar Dubbing bersama kak Agus Nurhasan

August 13, 2017 omstemm 1 Comments

Belajar Dubbing bersama kak Agus Nurhasan
"Aku ingin begini
Aku ingin begitu
Ingin ini itu banyak sekali
Semua semua semua
Dapat dikabulkan
Dapat dikabulkan
Dengan kantong ajaib"

Lagu tersebut sudah tidak asing lagi bagi teman-teman, dari generasi 80an sampai anak jaman sekarang, bahkan bila ada filem doraemon saya bersama anak suka nonton bareng. Filem doraemon itu sendiri begitu dekat dengan kehidupan anak-anak sehari-hari.

Nobita dikisahkan sebagai anak pemalas dalam belajar dan selalu mendapatkan nilai buruk di kelas. Suneo merupakan teman sekelas Nobila yang hidup serba kecukupan hanya saja memiliki sifat sombong. Giant adalah teman dekat Suneo yang selalu mengganggu Nobita disekolah. Di sisi lain Nobita juga memiliki seorang sahabat baik dan ramah bernama Shizuka. Kadangkala diselipkan pula tokoh Dekisugi yang digambarkan sebagai anak paling pintar di kelas.

Begitulah karakter-karakter dalam cerita doraemon yang begitu nyata dan dekat dengan anak-anak sehingga membuat kartu ini bisa dinikmati hingga sekarang

Pada kesempatan kali ini karakter suara dari Suneo di film doraemon yaitu kak Agus Nurhasan mau berbagi ilmu tentang dubbing atau mengisi suara peran di film
Belajar Dubbing bersama kak Agus Nurhasan

Ternyata hal itu tidak mudah kita harus melatih pernapasan dan senam mulut. Teman-teman yang hadir begitu antusias untuk mengikuti latihan ini, mulai dari mengatur pernapasan, tahan nafas di perut, lalu di keluarkan melalui mulut dengan mendesis. "gampang?? Susah bro..!!"

Yang tidak biasa berenang ataupun berolahraga sudah pasti kegiatannya ini sangat berat, termasuk saya "hehehe....!!"

Untuk menjadi seorang dubber modal utama adalah suara, oleh karena itu, menjaga suara adalah hal yang sangat penting. Bagaimana caranya?

1. Hindari makan gorengan karena dapat menyebabkan tenggorokan kita berlendir, maka kualitas suara akan berubah.
2. Jaga kesehatan, semua kegiatan yang dilakukan ketika sedang sakit akan terasa lebih sulit dari biasanya.
3. Cukup istirahat, kurangi begadang untuk menyegarkan tubuh .
4. Stop merokok, seperti yang kita tau rokok tidak baik untuk kesehatan tubuh khususnya jantung dan paru-paru.
5. Biasakan pemanasan suara sebelum melakukan dubbing, untuk menjaga tempo tetap baik.
6. Percaya diri, bila tidak percaya diri suara yang kira keluarkan pasti tidak maximal
Belajar Dubbing bersama kak Agus Nurhasan

Kak Agus Nurhasan mengajarkan kita untuk melakukan improvisasi dengan membaca naskah yang kita pelajari dalam 5 menit. Itu tidak mudah loh, kita harus mengenal 6 dasar emosional pada karakter yaitu senang, sedih, takut, jijik, marah dan kaget. contohnya :
"Aku tidak mengerti (menggunakan emosional senang)
Aku tidak mengerti (menggunakan emosional sedih)
Aku tidak mengerti (menggunakan emosional takut)
Aku tidak mengerti (menggunakan emosional jijik)
Aku tidak mengerti (menggunakan emosional marah)
Aku tidak mengerti (menggunakan emosional kaget)"

Ternyata susah teman-teman, untuk menjadi seorang dubber itu tidak mudah butuh proses yang panjang serta latihan terus menurus tidak bisa instan, apalagi pada saat latihan malu-malu, grogi depan mic dan tidak PD (Percaya Diri).
Belajar Dubbing bersama kak Agus Nurhasan

Kak Agus Nurhasan adalah pengisi suara dari Suneo (tahun 2006-2008), Pria bertopi kuning (Curious George), Fujiwara Sai (Hikaru No Go), Dark (DN Angel) dan masih banyak lagi.

Dan untuk training Dubbing ini disponsori oleh gogobli.com yaitu toko online yang fokus di produk kesehatan dan kecantikan. Bagi teman-teman yang pengen belanja di gogobli.com tidak usah takut dijamin harga nya murah serta sudah BPOM. Karena gogobli.com sangat menjaga kualitas setiap produk yang dipasarkan kepada konsumen.

Enaknya lagi belanja di gogobli.com tersedia live chat memungkinkan pelanggan untuk langsung berinteraksi dengan customer service, bahkan pelanggan juga dapat mengembalikan barang yang tidak sesuai dengan produk yang dipesan. mantapkan belanja di gogobli.com
Belajar Dubbing bersama kak Agus Nurhasan

Terimakasih juga kepada Blogger Reporter Indonesia yang sudah mensukseskan acara ini, saya dapat ilmu yang berharga dan kesempatan langkah.

Diakhir artikel ini saya ucapkan terimakasih sudah membacanya

Salam
Blogger

1 komentar:

Agatha Mey said...

seru ya.. belajar bersama kak Agus