7 makanan yang wajib dicoba saat traveling ke Palembang

August 11, 2017 omstemm 1 Comments

Mendengar kata Palembang pasti terpikirkan oleh teman-teman adalah pempek Palembang, benar sekali itulah makanan khas dari Palembang. Pada kesempatan kali ini saya dapat dinas ke Palembang selama 3 hari, otomatis saya tidak mau menghilangkan kesempatan untuk wisata kuliner "yukkk marriiii...!!!"


1. Pempek

pempek palembang
Pempek sudah melekat dengan kota Palembang bahkan cemilan di pagi hari mereka ya ini. Yang membuat pempek ini menjadi enak yaitu di cuko nya. banyak sekali pedagang pempek di Palembang, yang membedakan cuma di cuko, tergantung lidah kita cocok sama cuko yang mana, ada yang pedas, pedas manis.

Pedas dari cabe, manis legit dari gula jawa, asam dari buah tamarind (asam jawa), asin dan gurih dari ebi serta garlicky dari bawang putih, semua menyatu menjadi saus cuko. "Mantaappp frendd...!!"

2. Pempek Panggang
Pempek Panggang
Pempek panggang pada umum-nya dimakan tidak dengan cuko/kuah, rasanya yang garing dengan isi ebi yang diberi bumbu pedas dan disatukan dengan kecap manis, sekali gigit dijamin ketagihan "nyam nyam...!!"

Tetapi menurut saya lebih enak dimakan menggunakan cuko membuat sensasi yang beda saat dimakan.

3. Model
Model palembang
mendengar namanya mungkin saya orang jakarta tidak mengira kalau nama ini merupakan nama makanan khas Palembang, bentuknya hampir mirip seperti tekwan tetapi ini bahan dasar daging ikan dan sagu dibentuk menyerupai pempek tahu kemudian dipotong kecil kecil dan ditambah kaldu udang sebagai kuah serta soun. Sebagai pelengkap model disajikan dengan campuran, timun, udang, jamur kuping, bawang goreng.

4. Pindang Tulang dan Pindang Patin
Pindang Tulang dan Pindang Patin
Pindang adalah makanan khas Palembang selain pempek, di Palembang sendiri, ada pindang ikan patin dan pindang tulang. Jika teman-teman mampir ke restoran pindang di Palembang, akan disuguhi pilihan menu pindang patin bagian kepala, badan atau ekor. Sedangkan pindang tulang isinya iga sapi yang disajikan dengan kuah pindang. 

Selain ada lalapan ada sambel mangga yang membuat makanan ini menjadi idola pada traveling saat singgah ke Palembang.
Pindang Tulang dan Pindang Patin

5. Mie Celor
Mie Celor
ukuran mie celor lebih besar seperti mie aceh atau mie udon jepang yang disajikan dalam campuran kuah santan dan kaldu ebi (udang kering) dicampurkan taoge, irisan telur rebus, taburan seledri, daun bawang dan bawang goreng.

Menurut saya mie celor ini mirip seperti spaghetti yang di kuahin hehehe, rahasia kelezatan mie celor ini terletak pada penggunaan udang sebagai pelezat utama kuah-nya yang kental, gurih dan berpadu udang segar. "hhmm... nyam nyam...!!"

6. Martabak Spesial Palembang / Martabak HAR
Martabak HAR
Martabak HAR sendiri adalah masakan dari rumah makan HAR singkatan dari Haji Abdul Rojak yang melegenda sampai sekarang, setelah perkembangan jaman ternyata banyak sekali martabak ini diciptakan oleh masyarakat Palembang sendiri, tetapi bila teman-teman pengen nyobain martabak HAR asli silakan datang ke Jalan Protokol Sudirman.
Isi dari martabak ini bermacam-macam ada isi sayur, daging dan telur (ayam atau bebek).

7. Pempek Lenggang
Pempek Lenggang
Pempek lenggang adalah cemilan khas Palembang yang sangat lezat berbahan dasar dari telur, pempek ini terbuat dari pempek lenjer yang digoreng dengan balutan telur dadar dan tambahan telur diluar atau kebalikan dari pempek kapal selam, makanya pempek ini di sebut pempek lenggang.

Itulah 7 makanan yang sempat saya coba saat wisata kuliner di Palembang selama 3 hari, waktu yang sangat singkat untuk wisata kuliner tapi cukup puaslah karena sudah mencoba beberapa makanan khas Palembang.
Di akhir artikel ini saya ucapkan terimakasih banyak sudah membaca, jangan lupa follow instagram dan facebook saya ya di :

Salam
Blogger
2017-08-11_03-25-04

1 komentar:

Mantaaap om.. Jadi ngiler pengen mudik -,-